Sabtu, 08 Februari 2014

Menu Sarapan Sehat

Hey teman-teman semua, kali ini aku ingin membagi sebuah tulisan yang aku buat tentang inovasi makanan sehat untuk sarapan. Semoga bisa bermanfaat ya... Aku udah pernah coba-coba membuat makanan ini pakai resep seadanya, hasilnya lumayan enak lho... Bagi teman-teman yang ingin mencoba membuatnya, tapi gak tau cara buatnya, jangan malu buat tanya ya, aku siap kasih resep seadanya yang aku punya kok... hehehe... Selamat membaca^^

SUNKASIN (SUSHI NASI KUNING DENGAN NORI DAUN SINGKONG): MASAKAN JEPANG ‘ALA INDONESIA YANG UNIK DAN SEHAT SEBAGAI ASUPAN GIZI SAAT SARAPAN

Indonesia dikenal sebagai negara agraris. Hal itu dikarenakan sebagian besar penduduknya mempunyai mata pencaharian di bidang pertanian atau bercocok tanam. Predikat sebagai Negara agraris ini dibuktikan dengan melimpahnya produksi sumber pangan khas Indonesia. Pertanian di Indonesia menghasilkan berbagai macam tumbuhan komoditi ekspor, antara lain padi, jagung, kedelai, sayur-sayuran, cabai, ubi, dan singkong (Encyclopedia of the Nations, 2011). Keberadaan tanaman-tanaman tersebut terutama singkong di Indonesia sangat melimpah. Penanaman singkong yang sangat mudah merupakan salah satu faktor melimpahnya tanaman tersebut di Indonesia. Singkong merupakan salah satu tanaman di Indonesia yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan. Singkong juga sangat fleksibel ditinjau dari usaha tani dan umur panennya. Lahan untuk tanaman singkong tidak harus khusus dan tidak memerlukan penggarapan intensif.



Mengingat banyaknya potensi bahan pangan di Indonesia khususnya singkong, serta sudah jarang ditemukannya makanan-makanan tradisional Indonesia, dapat dibuat suatu konsep perpaduan antara budaya masakan tradisional Indonesia (khususnya di Pulau Jawa) berupa nasi kuning dengan budaya masakan khas Jepang berupa sushi menjadi makanan sehat dan berkualitas yang diberi nama SUNKASIN untuk memenuhi asupan nutrisi dan gizi terutama pada saat sarapan. Melalui SUNKASIN ini, dapat ditemukan makanan sehat dan berkualitas untuk asupan sehari-hari melalui perpaduan antara budaya masakan Indonesia dan adaptasi masakan Jepang berupa sushi, dalam hal ini nori yang digunakan terbuat dari daun singkong yang memiliki nilai gizi tinggi.



SUNKASIN menggunakan nasi kuning yang merupakan makanan khas Indonesia sebagai pasokan karbohidrat bagi tubuh. Di bagian dalam diisi dengan lauk pauk seperti ayam, daging, telur, kering tempe, dan lain-lain (sesuai dengan selera) sebagai pemasok protein bagi tubuh. Di bagian luar dibalut dengan nori singkong sebagai penghasil serat, vitamin, dan mineral bagi tubuh. Berbeda dengan nori pada sushi yang menggunakan bahan baku rumput laut, SUNKASIN menggunakan daun singkong sebagai bahan baku untuk norinya. Makanan ini tidak hanya memperhatikan tentang nilai gizi yang terkandung di dalamnya, akan tetapi juga turut serta melestarikan makanan tradisional Indonesia.

Kelebihan dari SUNKASIN adalah memiliki nilai gizi tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk melakukan aktvitas. Ditambah lagi dengan kegemaran masyarakat mengonsumsi makanan khas mancanegara. Bentuk dari SUNKASIN juga bisa disesuaikan dengan selera, tidak harus monoton seperti bentuk sushi pada umumnya. Bentuk yang menarik, dapat menarik perhatian terutama anak-anak. Dengan adanya makanan ini diharapkan dapat mengembalikan kebiasaan sarapan serta memunculkan rasa cinta dan kebanggaan terhadap makanan khas Indonesia.
SUNKASIN menggunakan nasi kuning karena nasi kuning merupakan makanan khas Indonesia yang tidak ditemukan di Negara lain. Nasi kuning biasanya digunakan untuk acara-acara adat sehingga penggunaan nasi kuning menunjukan ciri khas makanan Indonesia. Selain itu, nasi kuning memiliki warna yang menarik dari pewarna alami berupa kunyit.



Daun singkong memiliki kandungan gizi yang tinggi, kalori, fosfor, protein, hidrat arang, dan zat besi. Daun singkong juga mengandung berbagai macam vitamin seperti A, B1, dan vitamin C, serta mengandung sejumlah tannin dan fitofarmaka yang mempunyai peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Menurut penelitian yang pernah dilakukan, dalam daun singkong terdapat asam amino yang dapat membantu tubuh dalam proses mengubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan tulang dan kulit, meningkatkan daya ingat, mood, kinerja otak, dan metabolisme tubuh. Menurut pakar gizi, daun singkong yang dikonsumsi secara rutin membantu mencegah antiskeloris, yaitu penimbunan lemak di dinding pembuluh darah yang bisa berdampak pada serangan jantung kronis. Klorofil yang terdapat dalam daun singkong juga dapat dijadikan antikanker. Oleh karenanya, SUNKASIN sangat cocok untuk konsumsi sehari-hari, terutama untuk sarapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar