Minggu, 06 Februari 2011

BAIT - BAIT PUISI DI ATAS KUBUR

Aku suka membaca buku-buku yang sifatnya "real" atau berasalkan dari kisah nyata. Karena aku lebih bisa mengambil hikmah dari sana. Aku kurang tertarik dengan bacaan yang sifatnya "fiksi" ya walaupun terkadang masih suka juga baca novel seperti "The Davinci Code" dan sebangsanya hehehe...
Nah, Semalam aku baca buku. Kalau menurutku sih isinya bagus. Lalu aku menemukan halaman dengan judul "Bait-Bait Puisi di atas Kubur". Rasanya agak "gimana gitu" dan agak susah menjelaskannya. supaya lebih jelas dan bisa merasakan sendiri, begini nih puisinya.. 😅
Sebelumnya biar ku jelaskan sedikit dulu...
Bait - Bait ini ditemukan di atas makam Imam Suhrawardi dan ini merupakan karya Beliau. (Dikutip dari buku "Berwisata ke Alam Arwah" karya Muhammad Ali Hasan al-Huli)

Katakan kepada sahabat - sahabatku yang melihatku mati,
Sehingga mereka bersedih dan menangisiku,
Jangan kau kira aku sudah mati, demi Allah, aku tidak mati
Aku adalah burung pipit, dan ini (kubur) adalah sangkarku
Aku terbang meninggalkan sangkar, sehingga ia kosong dalam penantian
Saat ini, aku mengharap kesempurnaan, yaitu bertemu Allah dengan kasat mata di sini
Malaikat mencabut roh dari jasad manusia agar mereka mengetahui kebenaran dengan nyata
Janganlah sakaratul maut membuatmu takut, ia hanyalah perpindahan dari alam ini
Unsur roh dalam diri kita adalah satu, begitu juga unsur jasad, juga satu
Ketika unsur itu baik, maka akan berdampak baik pada kita
Dan ketika ia buruk, maka ia akan berdampak buruk pula pada kita
Maka kasihanilah aku, karena sama saja engkau mengasihi dirimu sendiri
Dan ketahuilah bahwa engkau tidak ada bedanya dengan kami
Barangsiapa yang melihat aku hendaklah ia memperkuat jiwanya
Sungguh dunia ini hanyalah kebinasaan yang sudah berada di ujung tanduk
Camkan kata-kataku!
Karena ketundukan kepada Allah merupakan sesuatu yang sangat terpuji

Demikianlah bait-bait puisi di atas kubur itu... Sampai sekarang perasaan dalam hatiku tak bisa diungkapkan dengan kata-kata setelah membacanya #lebai hehehe
Semoga kita dapat belajar dari isi kandungan puisi tersebut^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar